Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TTW (Think, Talk and Write) terhadap Hasil Belajar pada Materi Redoks di SMA Negeri 1 Baitussalam

Dian Putri Yeni, 150208006 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TTW (Think, Talk and Write) terhadap Hasil Belajar pada Materi Redoks di SMA Negeri 1 Baitussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
DIAN PUTRI YENI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baitussalam tentang pengaruh model TTW terhadap hasil belajar pada materi redoks yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan motivasi terhadap mata pelajaran kimia, bahkan siswa menganggap bahwa materi redoks adalah materi yang sulit dipahami, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model TTW terhadap hasil belajar pada materi redoks dan bagaimana respon siswa terhadap model TTW pada materi redoks. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan respon siswa terhadap model TTW pada materi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental menggunakan one grup pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test dan angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas sedangkan analisis respon menggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIA-2 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang pada tahun ajaran semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji korelasi pada signifikan 0,05 t hitung =20,212 dan t tabel = 2,074 karena 20,212 ≥ 2,074 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh hasil belajar menggunakan model TTW. Hasil analisis respon siswa di dapatkan siswa menjawab 70,4% sangat setuju sehingga 70% < 70,4 < 85% yang menandakan bahwa siswa memberi respon positif terhadap model pembelajaran TTW pada materi redoks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model TTW, Redoks, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Dian Putri Yeni
Date Deposited: 26 Dec 2019 05:38
Last Modified: 26 Dec 2019 05:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item
View Item