Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Kota Sabang

Zahratun, 140204093 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Kota Sabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of ZAHRATUN (140204093).docx, revisi 1.pdf]
Preview
Text
ZAHRATUN (140204093).docx, revisi 1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Kota Sabang. adapun tujuan peelitian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBI. kemudian melihat aktivitas peserta didik dan pendidik serta respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimen, Menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan. Prosedur pengumpulan data menggunakan butir soal berupa essay untuk pre test dan post test untuk melihat kemampuan pemecahan masalah peserta didik, lembar observasi untuk melihat aktivitas peserta didik dan pendidik, dan angket untuk melihat respon peserta didik. Berdasarkan data penelitian peroleh nilai rata-rata pretest 54,42 dan posttest 88, 34. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji t, diperoleh thitung> ttabel yaitu 11,87 > 1,71 dengan demikian Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 1 Kota Sabang pada materi fluida statis. persentase rata-rata aktivitas peserta didik dan pendidik adalah 84,61% dan 87,49%. peserta didik juga tertarik dengan model PBI di buktikan dengan lebih 50% peserta didik setuju dengan model PBI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Isa, M.Si 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, pemecahan masalah, fluida statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahratun Zahra
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:54
Last Modified: 23 Sep 2019 04:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item
View Item