Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur

Masliana, 150208071 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk 	                          Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur)
MASLIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur yang dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM pencapaian rata-rata 40%. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar serta respon siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 2 Madat Aceh Timur. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas XI MIA1 (eksperimen) berjumlah 30 orang dan siswa kelas XI MIA2 (kontrol) berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar tes tertulis yang terdiri dari pre-test, post-test dan angket yang berisi respon siswa. Teknik analisis data tes menggunakan uji t-test pada taraf α = 0,05, maka diperoleh hasil analisis data thitung > ttabel yaitu t1,78110 > t1,67155 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sedangkan dari hasil respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write siswa sangat tertarik dengan persentase adalah 88,99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Djamaluddin Husita, M.Si Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Masliana Masliana
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:05
Last Modified: 23 Sep 2019 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item
View Item