Peningkatan Kemampuan Memahami Puisi Anak melalui Teknik 5W+1H pada Siswa Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh

Ristika Liana, 140209100 (2019) Peningkatan Kemampuan Memahami Puisi Anak melalui Teknik 5W+1H pada Siswa Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Memahami Puisi Anak melalui Teknik 5W+1H pada Siswa Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Memahami Puisi Anak melalui Teknik 5W+1H pada Siswa Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang biasanya dibacakan dengan irama dan menggunakan kata-kata kiasan. Ketika membaca sebuah puisi perlu adanya penghayatan dan pemahaman terhadap isi teks puisi. Rendahnya kemampuan memahami puisi di MIS Lamgugob Banda Aceh, khususnya pada siswa kelas II merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Kurangnya kemampuan memahami puisi dikarenakan pembelajaran terlalu di dominasi oleh guru dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk turut aktif dalam
pembelajaran. Siswa hanya diam dan tidak berani menyampaikan pendapat atau jawabannya terhadap materi yang diberikan, dan siswa hanya mendengarkan saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui makna dari materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar lebih efektif dengan menerapkan teknik 5W+1H untuk meningkatkan kemampuan memahami puisi siswa. Karena dengan teknik 5W+1H ini dapat mengembangkan ide atau gagasan siswa ke dalam suatu
puisi yang baik dan menarik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan penerapan teknik 5W+1H dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 62,22 % (cukup), dan siklus II meningkat dengan nilai 86,25% (baik sekali), (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 63,33% (cukup), dan pada siklus II meningkat dengan nilai 83,75 % (baik sekali). (3) hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 20 siswa (59%) berada dalam kategori kurang, dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 siswa (41%). Dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 28 siswa (82,35%) dengan
kategori baik sekali, dan siswa yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (17,64). Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik 5W+1H dapat meningkatkan aktifitas guru dalam mengelolah pembelajaran, meningkatkan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, meningkatkan kemampuan memahami puisi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M.Ag. 2. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., MA.
Uncontrolled Keywords: Teknik 5W+1H, Puisi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristika Liana Tika
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:05
Last Modified: 23 Sep 2019 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item
View Item