Kepribadian Konselor Menurut Perspektif Organisasi Profesi (Kajian Konten Analisis Terhadap Karakteristik Kepribadian Konselor Konvensional)

Wirda Izah Farziah, 421307281 (2019) Kepribadian Konselor Menurut Perspektif Organisasi Profesi (Kajian Konten Analisis Terhadap Karakteristik Kepribadian Konselor Konvensional). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Kepribadian Konselor Menurut Perspektif Organisasi Profesi (Kajian Konten Analisis Terhadap Karakteristik Kepribadian Konselor Konvensional))
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepribadian konselor menurut perspektif Islam, kajian konten analisis terhadap karakteristik kepribadian konselor konvensional. Keberhasilan sebuah layanan konseling ditentukan oleh berbagai aspek, salah satunya menggunakan pendekatan budaya dan keyakinan klien dalam proses konseling. Bagi klien yang menganut keyakinan pada ajaran Islam maka sangat ideal apabila diberikan dalam pendekatan Islami pula, disisi lain kepribadian konselor sangat berkaitan dengan keberhasilan layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Kualifikasi konselor yang diperlukan dalam regulasi konseling menurut ABKIN, (2) Kepribadian konselor dalam organisasi konseling konvensional. (3) Kepribadian konselor dalam layanan konseling berdasarkan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan yang bersumber dari Al-Quran, hadist, tafsir-tafsir, buku-buku dan jurnal. Karakteristik konselor menurut ABKIN, ASCA, ACA dan PABKI semuanya sejalan dengan perspektif Islam, namun dalam perspektif Islam ada hal-hal lain yang ditemukan lebih spesifik seperti meyakini adanya Tuhan. Kepribadian konselor dalam perspektif Islam telah ada bahkan sebelum adanya konseling konvensional, yang dapat dilihat dari kepribadian Rasulullah Saw, hal ini menjadi langkah awal pembuktian kesempurnaan Al-Qur’an dan AL-Hadist sebagai sumber rujukan. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa konselor konvensional dengan konselor Islami ternyata tidak bertentangan, bahkan saling melengkapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wirda Izah Farziah
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:43
Last Modified: 24 Sep 2019 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item
TOP