Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Salapian

Eviana Br Ginting, 150208083 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Salapian. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi redoks di kelas X SMA Negeri 1 Salapian]
Preview
Text (untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi redoks di kelas X SMA Negeri 1 Salapian)
Eviana Br Ginting 150208083 (Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Salapian).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi, salah satu penyebabnya karna cara penyampaian guru dalam pembelajaran masih cendrung menggunakan metode konfensional, dan guru tidak menggunakan model pembelajaran kreatif yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktifitas guru dalam penerapkan model pembelajaran talking chips pada materi redoks? bagaimana aktifitas siswa dalam penerapkan model pembelajran talking chips pada materi redoks? bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran talking chips pada materi redoks? Bagaimanakah penerapan model pembelajaran talking chips terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi redoks?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi redoks di kelas X SMA Negeri 1 Salapian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 tahapan siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret s/d 15 Mei 2019. Adapun subjek dari penelitian ini sendiri yaitu siswa kelas X MIA-1 yang berjumlahkan 30 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan soal tes. Adapun hasil dari aktivitas guru pada siklus satu sebesar 85% dan 95,83% pada siklus II dengan rentang peningkatan sebesar 10,83%. Presentase hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 85,83% dan siklus II sebesar 95% dengan rentang peningkatan sebesar 9,17%. Adapun hasil persentase respon siswa yang menyukai pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi redoks sebesar 93% yang menyatakan sangat tertarik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dan 86,67% pada siklus II dengan rentang peningkatan sebesar 16,67%, sehingga dinyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips pada materi redoks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada X MIA-1 di SMA Negeri 1 Salapian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Eviana Ginting
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:00
Last Modified: 06 Feb 2020 02:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item
View Item