Pembinaan Terhadap Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kualasimpang (Tinjauan Terhadap Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika).

Novita Ayusra, 140106025 (2018) Pembinaan Terhadap Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kualasimpang (Tinjauan Terhadap Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pembinaan Terhadap Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kualasimpang (Tinjauan Terhadap Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika).)
NOVITA AYUSRA HASIL SCAN ILMU HUKUM 140106025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 menggunakan pendekatan pidana untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap penyalagunaan narkotika. Namun setelah adanya peraturan pada Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 itu tetap tidak membuat para pemakai dan pengedar Narkotika tersebut berkurang atau tidak memiliki efek jera. Ada tiga pertanyaan penelitian pada skripsi ini pertama, bagaimana sanksi pidana menurut Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika terhadap Narapidana Narkotika yang terjadi di lembaga pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang? Kedua, Apa sajakah faktor-faktor terjadinya peredaran narkotika di dalam lembaga pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang? Ketiga, bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak lembaga pemasyarakatan Kualasimpang dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana narkotika di lembaga pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan bersifat diskriptif terhadap data primer dan data sekunder.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan Sanksi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009, hanya saja masih ada sebagian dari Narapidana Narkotika yang masih belum jera akan hukuman tersebut. Kedua, faktor-faktor terjadinya peredaran Narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang disebabkan oleh perbandingan jumlah Narapidana Narkotika dengan jumlah personil petugas Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kualasimpang sangat tidak seimbang. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kualasimpang dalam melakukan pembinaan terhadap Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB kualasimpang yaitu dengan melakukan program-program pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Narapidana, Narkotika, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Novita Ayusra
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:50
Last Modified: 24 Sep 2019 04:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item
TOP