Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA/MA

Salida, 150205106 (2019) Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA/MA)
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa hanya menerima semua yang ditransfer oleh gurunya tanpa ada dorongan untuk berfikir mandiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara mandiri. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan strategi Scaffolding. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan strategi scaffolding dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling dengan merandom kelas yang dimulai dengan kelas eksperimen dilanjutkan dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sigli. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas Xmia2 sebagai kelas eksperimen dan Xmia3 sebagai kelas kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 22 siswa dan 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh t_hitung=3,450dan t_tabel=1,67 atau t_hitung>t_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan Strategi Scaffolding lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Salida Salida
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:28
Last Modified: 25 Sep 2019 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item
TOP