Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Eva Riska, 150205106 (2019) Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan 	Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP)
EVA RISKA (150205119).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa hanya menerima semua yang ditransfer oleh gurunya tanpa ada dorongan untuk berfikir aktif. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran ROPES. Model pembelajaran ROPES merupakan model persiapan mengajar yang menuntut siswa berperan aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ROPES dengan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah proses belajar siswa yang diterapkan model ROPES berjalan dengan baik. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling dengan merandom kelas yang dimulai dengan kelas eksperimen dilanjutkan dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sakti. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 23 siswa dan 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh t_hitung=1,95 dan t_tabel=1,67 atau t_hitung>t_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran ROPES lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan proses belajar siswa dengan model ROPES berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh terjadinya tukar pendapat antar siswa dalam proses diskusi kelompok yang memacu keaktifan siswa sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Eva Riska
Date Deposited: 26 Sep 2019 02:23
Last Modified: 26 Sep 2019 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item
View Item