Upaya Guru PAI Dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba di MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan

Nia Andira, 150201005 (2019) Upaya Guru PAI Dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba di MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Upaya Guru PAI Dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba Di MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tindakan Penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu problematika yang sangat memprihatinkan saat ini, khususnya yang terjadi di kalangan remaja tingkat sekolah menengah pertama. Permasalahan penyalahgunaan narkoba yang terjadi di kalangan siswa MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan dapat terlihat dari adanya siswa yang telah mengonsumsi rokok, menghirup lem, bahkan sampai mengonsumsi ganja dan sabu- sabu. Terkait dengan tindakan penyalahgunaan narkoba guru PAI harus mampu berperan aktif dalam mengantisipasi para siswanya dari perilaku penyalahgunaan narkoba yang tidak sejalan dengan ajaran syari’at Islam. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan. Pertama, Apa bentuk-bentuk penyalahgunaan narkoba yang paling dominan terjadi di kalangan siswa MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan? Kedua, Bagaimana usaha solutif guru PAI dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang memadukan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif atau disebut dengan mix method. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa secara umum terdapat beberapa bentuk tindakan penyalahgunaan narkoba yang terjadi di kalangan siswa MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan seperti adanya siswa yang telah mengonsumsi rokok, menghirup lem, mengonsumsi ganja dan sabu- sabu. Namun, bentuk penyalahgunaan narkoba yang paling dominan terjadi pada siswa MTsS Al-Washliyah Pangkalan Berandan adalah kasus siswa merokok. Selanjutnya mengenai upaya yang telah dilakukan oleh guru PAI berupa upaya prevensi (pencegahan) seperti: memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba, mengarahkan anak kepada kegiatan yang positif, dan melakukan kerja sama dengan badan hukum untuk memberikan sosialisasi lebih lanjut tentang bahaya narkoba. Di samping itu juga adanya upaya refresif (tindakan) seperti: melakukan kerja sama langsung dengan orang tua siswa untuk mengawasi perkembangan anak diluar sekolah demi terwujudnya sekolah yang bebas dari narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Jailani, S.Ag, M.Ag. Pembimbing II :Nurbayani, S.Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Penyalahgunaan Narkoba
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nia Andira
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:05
Last Modified: 30 Jan 2020 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10099

Actions (login required)

View Item View Item
TOP