Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Dan Media Slide Pada Materi Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI SMAN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat

Metti Aulia, 281324862 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Dan Media Slide Pada Materi Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI SMAN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Talking Chips Dan Media Slide Pada Materi  Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI SMAN 1  Meureubo Kabupaten Aceh Barat]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Dan Media Slide Pada Materi Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI SMAN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat)
skripsi gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di SMAN 1 Meureubo terlihat kurang memuaskan dikarenakan masih banyak siswa yang tidak aktif saat diskusi kelompok, siswa masih bergantung kepada temannya yang pintar, tidak mau bertanya dan menanggapi masalah dari kelompok yang lain. Hasil belajar siswa masih sangat rendah dan banyak siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif talking chips dan media slide dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi sistem saraf manusia. Rancangan penelitian ini adalah true-eksperimen pretest posttest control group design, teknik pengambilan sampel secara random sampling, dengan sampel yang terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar dilakukan dengan observasi dan untuk data hasil belajar dilakukan dengan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, kelas eksperimen tergolong ke dalam kategori sangat aktif dengan rata-rata persentase 93,5%, sedangkan kelas kontrol tergolong ke dalam kategori aktif dengan rata-rata persentase 73,5%. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa, yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, terbukti bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,3910 > 1,69 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran, Talking Chips, Media Pembelajaran Slide, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Sistem Saraf Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Metti Aulia
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:09
Last Modified: 26 Sep 2019 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item
View Item