Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 38 Aceh Besar

Basyirah, 140209146 (2019) Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 38 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 38 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 38 Aceh Besar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca permulaan memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan. Dalam kegiatan membaca permulaan ini, siswa dituntut mampu dalam membaca baik dan benar. Seharusnya guru dapat menggunakan metode atau media yang menarik sehingga dapat membuat siswa tertarik dalam belajar khususnya membaca permulaan. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum lancar mengejanya dan masih kurang mampu dalam membaca permulaan dengan bahasa baik dan benar. Sehingga nilai hasil belajar siswa dalam membaca permulaan belum memenuhi (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang menarik, sehingga menyebabkan siswa tidak bersemangat dalan belajar khususnya membaca permulaan. Metode SAS dan media Audio Visual merupakan metode dan media yang efektif yang dapat menarik perhatian siswa untuk membaca permulaan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan penerapan metode SAS dan media Audio Visual pada kelas II Min 38 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan penerapan metode SAS dan media Audio Visual pada kelas II Min 38 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan dan rubrik penilaian membaca permulaan. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru pada siklus I diperoleh 73,61% dan pada siklus II menjadi 97%. Aktivitas siswa diperoleh pada siklus I diperoleh 68% dan pada siklus II menjadi 93%. Hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh pada siklus I diperoleh 50% dan pada siklus II peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Metode SAS dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hj. Tasnim Idris. M. Ag Pembimbing II : Fajriah, MA
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Media Audio Visual dan Meningkatkan Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Basyirah Basyirah
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:02
Last Modified: 06 Feb 2020 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item
View Item