Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 1 Kota Subulussalam

Siti Nurwati, 140205167 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 1 Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar     Matematika Siswa MTsN 1 Kota Subulussalam]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 1 Kota Subulussalam)
Siti Nurwati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together merupakan suatu model yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di MTsN 1 Kota Subulussalam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII4 sebagai kelas ekperimen dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel diambil dengan teknik data secara acak atau Simple Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan melakukan tes. Dari hasil penelitian di peroleh hasil pengelolahan data statistik uji-t diperoleh thitung = 7,54 dan ttabel = 1,67. Maka thitung ˃ ttabel . Hal ini berarti terima H1 dan tolak H0. Maka berarti bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di MTsN 1 Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd. Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nurwati
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:16
Last Modified: 27 Sep 2019 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item
View Item