Partisipasi Perempuan Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Gampong Krueng Batu Kec. Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh)

Ramazani, 150802038 (2019) Partisipasi Perempuan Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Gampong Krueng Batu Kec. Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Partisipasi Perempuan Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Gampong Krueng Batu Kec. Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh)]
Preview
Text (Partisipasi Perempuan Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Gampong Krueng Batu Kec. Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh))
Ramzani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Partisipasi perempuan dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) merupakan keikutsertaan perempuan untuk ikut membuat keputusan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, sehingga tidak terjadi diskriminasi dalam penetapan berbagai kebijakan yang menguntungkan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Musrenbangdes di Gampong Krueng Batu; bagaimana partisipasi perempuan dalam proses pelaksanaan Musrenbangdes di Gampong Krueng Batu; serta apa saja faktor penghambat partisipasi perempuan dalam proses pelaksanaan Musrenbangdes di Gampong Krueng Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan Musrenbangdes Gampong Krueng Batu, untuk rencana kerja pemerintah gampong jangka pendek (satu tahun) sudah cukup baik, sesuai dengan Peraturan Bupati Aceh Selatan No. 91 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong dan Rencana Kerja Pemerintah Gampong. Sedangkan partisipasi perempuan dalam pelaksanaan Musrenbangdes di Gampong Krueng Batu masih tergolong rendah, dengan bentuk partisipasi berupa partisipasi pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi pikiran dan tenaga, dan partisipasi keahlian. Faktor yang menjadi penghambat partisipasi perempuan Gampong Krueng Batu yaitu faktor sosial budaya, faktor pendidikan, dan faktor pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ramazani Ramazani
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:31
Last Modified: 26 Sep 2019 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item
View Item