Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar MTs

Risa Muliani, 140205139 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar MTs]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar MTs)
Risa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika disebabkan beberapa faktor, diantaranya penerapan model pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru, sementara siswa menerima informasi pengetahuan dan keterampilan secara pasif. salah satu alternatif untuk pembelajaran model tersebut adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT sehingga dengan model tersebut memberikan penguatan terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsS Teupah Barat melalui model kooperatif tipe NHT. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTsS Teupah Barat tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui model kooperatif tipe NHT dengan kategori efektif, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui model kooperatif tipe NHT dalam kategori baik, hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 73%, pada siklus II secara klasikal meningkat mencapai 80,26%, dan nilai akhir secara klasik mencapai 88,80%, respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTsS Teupah Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Risa Muliani
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:49
Last Modified: 27 Sep 2019 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item
View Item