Pengaruh Penerapan Media Power Point dan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kota Bahagia

Maulida, 140208016 (2018) Pengaruh Penerapan Media Power Point dan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kota Bahagia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Media Power Point dan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kota Bahagia)
SKRIPSI GABUNG DALAM BENTUK PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media merupakan sarana yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) media sangat di perlukan terutama pada materi yang abstrak, kemudian media juga sangat membantu guru dalam menyampaikan informasi kepada siswa selama proses belajar mengajar, materi yang kongkrit serta abstrak akan lebih mudah di pahami siswa jika dibantu dengan penggunaan media, salah satunya pada pembelajaran kimia. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media power point dan macromedia flash dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media power point dan macromedia flash pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan yaitu Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 orang siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan tes dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji homogenitas, uji normalitas, uji T dan persentase. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 5,16, dari tabel signifikan α = 0,05 taraf kepercayaan 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 – 2) = ( 25+25-2) = 48 dari tabel distribusi di peroleh t (0,95) (48) = 1,67 maka thitung > ttabel atau 5,16 > 1,67. Dengan demikian Ho di tolak dan Ha di terima. jadi ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran macromedia flash dan media pembelajaran power point pada materi koloid. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan macromedia flash dan media power point berturut-turut yaitu 90,8% dan 82,8% yang menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar dengan penerapan media macromedia flash dan media power point pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M. Si Pembimbing II : M. Ridwan Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Power Point, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Koloid.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:00
Last Modified: 27 Sep 2019 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item View Item
TOP