Kehidupan Sosial Petani Sayur Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Mulyani, 511303061 (2018) Kehidupan Sosial Petani Sayur Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Kehidupan Sosial)
Mulyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kehidupan Sosial Petani Sayur Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar”. Kehidupan Sosial Petani Sayur sekarang ini seakan terus terlupakan oleh masyarakat luas,padahal pekerjaan sebagai petani merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Terkait kehidupan sosial petani sayur dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari sangat menarik untuk dilakukan penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah; pertama, apa ciri utama petani sayur di Kecamatan Darussalam dan bagaimana pola interaksi sosial mereka? dan kedua, bagaimana kehidupan sehari-hari keluarga petani sayur di Kecamatan Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kehidupan sosial petani sayur dan ekonominya termasuk dalam hal mendidik dan menyekolahkan anaknya. Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Darussalam, yang menjadi sampel penelitian adalah gampong Lambiheu Lambaro Angan, Lambiheu Siem, Lambaro Sukon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan sosial petani sayur dari segi sosial masih terdapat rasa kepedulian serta kebersamaan yang kuat dalam segala kegiatan, semangat saling tolong-menolong masih terjaga antara sesama petani. Sedangkan dari segi ekonomi para petani sayur masih lemah karena penghasilan yang didapatkan tidak menentu serta tidak adanya pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan, sehingga membuat mereka masih jauh dari kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr, Misri A. Muchin, M, Ag; 2. Sanusi, S.Ag, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kehidupan, Petani, Sayur, Darussalam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Mulyani
Date Deposited: 01 Oct 2019 01:43
Last Modified: 01 Oct 2019 01:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item
TOP