Hubungan Problem Focused Coping Dengan Academic Stress Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah

Zaini Fadlan, 150901098 (2019) Hubungan Problem Focused Coping Dengan Academic Stress Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Hubungan Problem Focused Coping Dengan Academic Stress Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah)
Zaini Fadlan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Stres akademik adalah persepsi subjektif terhadap suatu kondisi akademik atau respon yang dialami siswa berupa reaksi fisik, perilaku, pikiran, dan emosi negatif yang muncul akibat adanya tuntutan sekolah atau akademik. Hal ini menunjukkan perlu adanya Coping yang tepat dalam meningkatkan kualitas atau potensi siswa dalam mengantisipasi muculnya stres akademik siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Problem focused coping dengan Academic stres pada siswa kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kolerasional dan korelasi product moment dari Pearson dengan menggunakan bantuan PASWStatistics18. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Problem focused coping dan Academic stress. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa yang diambil secara teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Problem focused coping dengan Academic stres pada siswa kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah dengan korelasi negatif. hasil analisis berdasarkan uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa nilai r= -0.322 merupakan korelasi negatif, p= 0,005 (p<0,05). Artinya dapat dikatakan bahwa semakin tinggi problem focused coping maka semakin rendah academic stress pada siswa kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Zaini Fadlan
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:10
Last Modified: 27 Sep 2019 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10145

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP