Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

Nurrizqa, 150201069 (2019) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi)
Full Nuruzqa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Nilai pendidikan Islam merupakan sifat-sifat atau hal-hal yang penting atau yang berguna bagi kemanusiaan termasuk bimbingan jasmani, rohani bedasarkan hukum-hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama sesuai ukuran Islam. Pesan dan nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat dikembangkan dan diperoleh dari berbagai media pembelajaran. Pembentukan karakter dan nilai pendidikan Islam pada peserta didik merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan sebagai proses pembinaan nilai pendidikan Islam. Novel adalah sebuah karya prosa fiksi yang mengisahkan sebagian kehidupan manusia yang dianggap penting dan dapat membawa sebuah perubahan untuk masa mendatang. Novel merupakan salah satu karya sastra yang mengandung pesan nilai-nilai penidikan Islam di dalamya. Sehingga perlu dilakukan analisis terhadap nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam novel yaitu pada novel “Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi” yang mana pada pembelajaran dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Dan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah “ Apa Saja Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi”.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di mana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka yang biasanya disusun ke dalam teks yang diperluas. Objek penelitian ini berupa karya sastra yang berjenis novel maka penelitian ini termasuk jenis penelitian naskah, penelitian ini bertumpu pada studi pustaka (library research). Selain itu penelitian ini juga digolongkan kedalam metode deskriptif sastra, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (novel, drama, cerita pendek dan puisi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam pada novel Negeri 5 Menara yaitu nilai pendidikan aqidah, mengesakan Allah SWT, nilai pendidikan ibadah yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah meliputi: shalat fardhu, shalat sunnah, dan menuntut ilmu , dan nilai pendidikan akhlak meliputi: akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada diri sendiri dan akhlak kepada sesama manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Bachtiar Ismail, MA. Pembimbing 2 : Muhajir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.7 Penggunaan Buku dan Media lainnya sebagai Sumber Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurrizqa Nurrizqa
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:01
Last Modified: 27 Sep 2019 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item
TOP