Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Media Monopoly Games Smart (MGS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMPN 1 Mesjid Raya

Kasnida, 281324877 (2019) Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Media Monopoly Games Smart (MGS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMPN 1 Mesjid Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Media Monopoly Games Smart (MGS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia  Di SMPN 1 Mesjid Raya]
Preview
Text (Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Media Monopoly Games Smart (MGS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMPN 1 Mesjid Raya)
Kasnida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan di SMPN 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran dan masih berpusat pada buku paket, sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Permasalahan ini perlu adanya solusi sehingga pembelajaran dapat menghasilkan hasil yang lebih baik, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model student teams achievement division (STAD) dan media monopoly games smart (MGS) pada materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 1 Mesjid Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekprerimen Pre-Eperimental Designs (nondesigns), dengan menggunakan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Designs. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIIIc yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan uji persentase, dan hasil belajar menggunakan uji –t pada taraf signifikan 5%. Hasil Aktivitas siswa pada model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dan media monopoly games smart (MGS) pada materi Sistem Pernapasan Manusia terhadap aktivitas termasuk kedalam kategori Aktif dengan perolehan nilai rata-rata persentase 70,35 % pada pertemuan pertama dan 77,06% pada pertemuan kedua. Hasil belajar siswa dalam model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dan media monopoly games smart (MGS) pada materi Sistem Pernapasan Manusia terhadap hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dengan nilai pre-test 46,48 dan post-test 80,55, analisis uji-t dapat memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar, dimana thitung > ttabel yaitu 13 > 1,70 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dirumuskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, Hasil Belajar siswa, student teams achievement division (STAD), monopoly games smart (MGS), SMPN 1 Mesjid Raya.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Kasnida Kasnida
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:21
Last Modified: 30 Sep 2019 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item
View Item