Karakteristik Lichenes Di Kawasan Perkebunan Kopi Desa Bukit Mulie Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Roro Surti Utami, 140207209 (2019) Karakteristik Lichenes Di Kawasan Perkebunan Kopi Desa Bukit Mulie Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Karakteristik Lichenes Di Kawasan Perkebunan Kopi Desa Bukit Mulie Kabupaten Bener Meriah Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Lichenes merupakan simbiosis antara jamur dan alga, sehingga secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan. Keberadaan lichenes tidak memerlukan syarat-syarat hidup yang tinggi, lichenes dapat hidup pada batu-batuan, pepohonan, diatas tanah, di daerah kondisi panas dan daerah dingin seperti di pegunungan. Pertumbuhan Lichenes dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan antara lain suhu, kelembapan, intensitas cahaya, pH dan ketinggian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Lichenes yang khususnya hidup di kawasan diperkebunan kopi salah satunya di Desa Bukit Mulie Kabupaten Bener Meriah sebagai referensi mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara line transek dan metode kuadrat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Analisis data kualitatif yaitu dengan mencantumkan famili dan nama ilmiah yang disajikan dalam bentuk tabel dan gambar serta mendeskripsikan karakteristik masing-masing spesies yang diperoleh dari morfologi. Jenis Lichenes yang di peroleh kawasan tersebut ialah 16 jenis lichenes yang berasal dari 9 familia. Karakteristik lichenes yang ditemukan terlihat berbeda-beda, baik dari segi warna, tipe thallus dan tempat pelekatannya/ habitatnya. Respon mahasiswa terhadap booklet karakteristik lichenes diperoleh hasil sangat baik, dimana rata-rata responden sangat setuju dengan pernyataan yang digunakan pada angket. pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk booklet dan herbarium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Lichenes, Perkebunan kopi, Referensi, Botani tumbuhan rendah
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Roro Surti Utami
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:06
Last Modified: 30 Sep 2019 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item
TOP