Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantu Media Mind Mapping Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Cut Putri Indah Smelue Sihombing, 140208082 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantu Media Mind Mapping Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantu Media Mind Mapping Pada Materi Ikatan Kimia  Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantu Media Mind Mapping Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Cut Putri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya masih tergolong rendah. Hasil perolehan nilai siswa pada semester genap kelas X tahun pelajaran 2017/2018 masih ada yang memperoleh nilai 40, dan belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berbantu media mind mapping pada Materi Ikatan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimental design) dengan menggunakan dua kelas, satu kelas sebagai kelas perlakuan dan satu kelas lain digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yaitu siswa kelas X MIA 1 dan siswa kelas X MIA 2 berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji t dan persentase (%). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe team assisted individualization berbantu media mind mapping lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menerapkan model pembelajaran koperatif tipe team assisted individualization berbantu media mind mapping, diperoleh dari uji t yaitu t_hitung>t_tabel yaitu 2,11 > 1,68, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil persentase respon siswa yang sangat setuju dan setuju yaitu 95,21% mengindikasikan siswa tertarik belajar menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization berbantu media mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar Amsal, M.Pd Pembimbing II : Mutia Farida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Mind Mapping, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Putri Indah Smelue Sihombing
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:54
Last Modified: 30 Sep 2019 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item
View Item