Profil Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar

Ahmad Muhajir, 140205043 (2019) Profil Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Profil Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam memecahkan masalah matematika Berdasarkan Gaya Belajar)
Muhajir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Belajar matematika berkaitan erat dengan aktivitas belajar dan proses berpikir. Proses berpikir merupakan aktivitas seseorang dalam memahami sesuatu masalah melalui proses pemahaman terhadap masalah yang sedang dihadapi dan faktor-faktor yang dihadapinya. Proses berpikir muncul ketika seseorang menghadapi masalah hingga menemukan solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut. Dalam proses berpikir terdapat pula berbagai kemampuan berpikir diantaranya kemampuan berpikir kreatif.. Salah satu pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya adalah model pembelajaran berbasis masalah. Tingkat kemampuan yang dimiliki siswa berbeda-beda, sehingga proses berpikir kreatif tersebut berbeda dan sangat berpengaruh hasil belajar mereka. Hasil belajar tersebut juga dipengaruhi dari berbagai macam gaya belajar siswa. Salah satunya gaya belajar kinestetik. Rancangan penelitian ini jenis penelitian eksploratif menggunakan metode think aloud dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 SMAN 2 Banda Aceh pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil angket gaya belajar dalam penelitian ini dipilih minimal 1 orang siswa, yaitu siswa gaya belajar kinestetik untuk diteliti dalam menyelesaikan soal SPLDV serta diwawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik menghasilkan lebih dari satu alternatif penyelesaian sehingga menciptakan penyelesaian baru yang berbeda dari siswa lainnya dan menyelesaikan dengan lancar. Siswa dengan gaya belajar kinestetik ini juga menggunakan metode eliminasi-substitusi dalam menyelesaikan SPLDV 1 dan SPLDV 2 dengan lancar. Siswa juga memunculkan metode baru yang berbeda dengan metode yang umumnya digunakan serta menjelaskan kembali jawabannya dengan lancar. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar kinestetik mencapai Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif 3 (TKBK 3) dengan memenuhi indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Novi Trina Sari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, memecahkan masalah, Gaya Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Muhajir
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:43
Last Modified: 10 Feb 2020 08:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item
TOP