Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya

Ayu Karlina, 150802075 (2019) Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Aceh Jaya merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata yang potensial terdiri dari 57 objek wisata yang dominan berasal dari objek wisata bahari. Menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, kepariwisataan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengatasi pengangguran dan lain sebagainya. Meskipun potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Aceh Jaya sudah memadai, namun dalam proses pengembangannya, saat ini masih belum sepenuhnya dapat dikembangkan dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan potensi wisata alam di Kabupaten Aceh Jaya serta bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi dalam proses pengembangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga strategi pemerintah dalam pengembangan potensi wisata alam yaitu melakukan pengembangan pemasaran wisata, pengembangan destinasi wisata serta pengembangan kemitraan. Dari tiga strategi tersebut belum sepenuhnya berjalan efektif. Hal ini dikarenakan masih sulitnya masyarakat luas memperoleh informasi tentang wisata terutama dari website resminya, kurangnya sarana dan prasarana serta tidak adanya pelatihan untuk tenaga ahli bidang kepariwisataan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengembangan wisata, maka digunakan teori yang dikemukakan oleh Yoeti bahwa ada tiga faktor yang dapat menentukan keberhasilan pengembangan wisata yaitu tersedianya objek dan daya tarik wisata, adanya aksesibilitas dan adanya fasilitas. Dari ketiga faktor tersebut, Kabupaten Aceh Jaya hanya memenuhi satu faktor keberhasilan pengembangan wisata yaitu tersedianya objek dan daya tarik wisata. Adapun yang menjadi peluang dari potensi wisata yang dimiliki adalah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang kemudiaan secara tidak langsung juga mempengaruhi tingkat pendapatan yang diperoleh daerah sekaligus dapat berpeluang menjadi destinasi wisata unggulan. Sedangkan yang menjadi tantangan dalam proses pengembangan potensi wisatanya adalah rendahnya pemahaman masyarakat terhadap potensi wisata, perencanaan yang belum terintegrasi dengan baik, terbatasnya aksesibilitas fasilitas dan infrastruktur pendukung, belum optimalnya sumber daya manusia yang ada, lokasi wisata yang belum bersih, kurangnya anggaran serta belum rampung nya nomenklatur Susunan Organisasi dan Tata Kerja pariwisata (SOTK), Qanun Wisata Halal dan belum adanya Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPARDA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Potensi Wisata Alam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ayu Karlina
Date Deposited: 30 Sep 2019 01:42
Last Modified: 30 Sep 2019 01:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item
TOP