Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar pada Materi Hidrolisis Garam di MAS Al-Furqan Bambi Pidie

Susi Safitri, 150208045 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar pada Materi Hidrolisis Garam di MAS Al-Furqan Bambi Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar pada Materi Hidrolisis Garam di MAS Al-Furqan Bambi Pidie]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar pada Materi Hidrolisis Garam di MAS Al-Furqan Bambi Pidie)
Susi Safitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena selama ini siswa banyak mengalami kesulitan dalam menyetarakan reaksi kimia, kegiatan praktikum atau kegiatan yang menunjang keterampilan siswa tidak dilaksanakan, sebagian proses belajar mengajar masih berpusat pada guru dan lebih dominan menggunakan metode ceramah tanpa menerapkan model-model pembelajaran sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa serta respon siswa dengan penerapan model pembelajaran ICARE. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment yang dilaksanakan di kelas XI-A MAS Al-Furqan Bambi Pidie yang berjumlah 20 siswa. Proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada hasil tes hasil belajar menggunakan analisis korelasi product moment sedangkan pada angket respon siswa menggunakan persentase nilai respon. Hasil penelitian diperoleh hasil uji r pretest dan posttest sebesar 0,61 dengan taraf kesalahan 5% sebesar 0,46 maka rhitung > rtabel dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di MAS Al-Furqan Bambi. Analisis persentase rata-rata respons siswa adalah 85,62% yakni sangat suka, persentase tersebut terdiri dari 43,5% menjawab sangat setuju (SS), 55,5% menjawab setuju (S), dan 1% menjawab tidak setuju (TS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd. Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ICARE, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Susi Safitri
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:44
Last Modified: 30 Sep 2019 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item
View Item