Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru di SMPN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan

Wira Saltiva, 271324737 (2018) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru di SMPN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan  Kedisiplinan Guru di SMPN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan]
Preview
Text (Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru di SMPN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan)
Wira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah suatu pola perilaku konsisten yang ditunjukkan oleh pemimpin ketika pemimpin berusaha memengaruhi kegiatan orang lain. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kedisiplinan, kenyataannya masih terdapat guru yang masih ada belum disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru, strategi kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru, dan kendala kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di SMPN 1 Labuhanhaji. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan 2 orang guru. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan tekhnik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1), kepala sekolah menggunakan gaya demokratis dalam peningkatan kedisiplinan guru hal ini terlihat pada cara kepala sekolah dalam menggerakkan guru tidak menggunakan unsur paksa, membuat peraturan tata tertib dan pemberian hukuman berdasarkan kesepakatan bersama, dalam menggerakkan guru menunjukkan contoh sikap disiplin dalam waktu dan kerja, dan melibatkan guru dalam kegiatan peningkatan nilai religius terhadap siswa, (2), Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru adalah adanya aturan tata tertib untuk dapat dijalankan, guru diwajibkan mengisi absen hadir, kepala sekolah melakukan supervisi serta penarapan reward and punishment sebagai alat untuk memotivasi dan pembinaan terhadap guru. (3), Kendala kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru adalah jarak rumah guru yang jauh dari sekolah membuat guru terlambat sampai ke sekolah, karakter guru yang berbeda merupakan kendala kepala sekolah dalam memberikan arahan dan teguran dalam penegakan kedisiplinan dan masih ada satu dua orang guru yang kurang berpartisipasi dalam menjalankan aturan tata tertib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Razali M. Thaib, M.Pd Pembimbing II : Lailatussaadah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wira Saltiva
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:46
Last Modified: 10 Feb 2020 08:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10172

Actions (login required)

View Item
View Item