Keefektifan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di MAN 2 Bireuen

Khairan Navira, 140208017 (2018) Keefektifan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di MAN 2 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keefektifan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectualy) Dengan Media AudioVisual Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Keefektifan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectualy) Dengan Media AudioVisual Terhadap Hasil Belajar)
KHAIRAN NAVIRA OKE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, karena pelajaran kimia bersifat abstrak salah satunya materi laju reaksi. Sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran agar siswa mudah memahami materi tersebut. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah penerapan model pembelajaran SAVI dengan mediaaudiovisual efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi MAN 2 Bireuen? Bagaimana respon siswa MAN 2 Bireuen terhadap penerapan model SAVI dengan media Audio Visual pada materi laju reaksi? Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest grup design. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan microsoft excel 2007 pada taraf signifikan 0,05 dan untuk mengetahui hasil belajar siswa di gunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa pada hasil tes pretest dan posttes t_hitung>t_tabel yaitu hasil pretes 0,44<3,50 dan hasil tes posttest 10,61>3, sedangkan hasil respon siswa menggukan rumus skala likert. Simpulan hasil belajar siswa MAN 2 Bireuen lebih efektif dengan menerapkan model pembelajaranSAVI dengan media audio visual dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI dengan media audio visual. Respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI dengan media audio visual pada materi laju reaksi MAN 2 Bireuen tergolong kedalam kriteria sangat baik dengan hasil persentase 78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M. Pd 2. Afrida Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: SAVI, Media Audio Visual, HasilBelajar, laju reaksi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Khairan Navira
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:48
Last Modified: 10 Feb 2020 08:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item
View Item