Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak

syarifah hardiyanti, 140210068 (2019) Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dengan menerapkan pemainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis dan (2) Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak d]
Preview
Text (Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dengan menerapkan pemainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis dan (2) Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak d)
PDF WORD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Bahasa Reseptif memiliki makna mendengarkan atau memperhatikan baik-baik apa yang dikatakan orang lain, namun pada anak di TK Abdul Azis masih kesulitan dalam berbahasa reseptif. Adapun salah satu permainan yang dapat diterapkan untuk mendorong kemampuan bahasa reseptif anak yaitu dengan permainan bisik berantai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak dengan permainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis dan (2) Bagaimana hasil peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan penerapan metode permainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dengan menerapkan pemainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis dan (2) Untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dengan penerapan metode permainan bisik berantai di kelompok B-2 TK Abdul Azis. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 10 orang anak, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan analisis data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas bahasa reseptif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak meningkat. Hal ini dapat dilihat pada siklus I yaitu mendapatkan nilai 2,71, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan nilai sebesar 3,57. (2) Hasil peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak meningkat. Hal ini dapat dilihat pada siklus I sebesar 63% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 81,24%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Aisyah Idris, M. Ag Zikra Hayati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Bisik Berantai, Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: syarifah hardiyanti
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:40
Last Modified: 26 Dec 2019 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item
View Item