Peran Dan Metode Komunitas Al-Humaira Banda Aceh Dalam Penguatan Identitas Muslimah Di Kalangan Anak Muda Perkotaan

Uswatun Maqfirah, 361303548 (2019) Peran Dan Metode Komunitas Al-Humaira Banda Aceh Dalam Penguatan Identitas Muslimah Di Kalangan Anak Muda Perkotaan. Skripsi thesis, Upt. Perpustakaan.

[img]
Preview
Text (Peran Dan Metode Komunitas Al-Humaira Banda Aceh Dalam Penguatan Identitas Muslimah Di Kalangan Anak Muda Perkotaan)
Uswatun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunitas Al Humaira Di Banda Aceh jelas menjadi sebuah fenomena. Persepsi wanita berjilbab tidak bisa gaul, modis, dan trend mereka patahkan dengan gaya berpakaian mereka yang sangat fashionable. Di sisi lain, mereka tetap berusaha untuk menjaga keimanan mereka dengan mempelajari agama secara lebih menarik. Fenomena hijab modern yang kian marak menjadikan para perempuan yang mengenakan hijab menjadi lebih semangat dalam mengenakan hijab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola komunitas, dan anggota komunitas. Sebagai informan kunci adalah pengelola yaitu ketua dan pendiri komunitas Al Humaira. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas dalam interaksi sosial rejama di Komunitas Al Humaira Banda Aceh. Tulisan ini ingin membahas bagaimana sejarah perkembangan Komunitas Al Humaira di Banda Aceh, apa motivasi Komunitas Al-Humaira di Banda Aceh dalam menggunakan jilbab, dan bagaimana komunitas Al-Humaira di Banda Aceh mengungkapkan identitas dirinya sebagai wanita muslimah yang berjilbab. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif analisis dengan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas Al Humaira Banda Aceh tentang hijab sangatlah positif. Pernyataan ini didasari dari temuan penelitian yaitu pertama, berbusana muslimah merupakan upaya berbusana muslimah untuk menutupi auratnya sesuai dengan yang diperintahkan Allah di dalam Al-Qur'an. Kini masyarakat secara umum telah menyadari arti penting berhijab, meskipun dengan model yang berbeda-beda sesuai dengan pribadi masing-masing. Kedua, hijab syar'i merupakan model hijab yang sesuai dengan yang di syari'atkan, yaitu menutupi bagian aurat yang tidak boleh tampak. Kepada masyarakat agar bisa berhijab seperti yang disyari'atkan. Kepada hijabers agar lebih banyak menampilkan busana muslimah dan gaya hijab yang sesuai dengan syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Juani, M.Ag Pembimbing II : Zuherni, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Uswatun Maqfirah
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:16
Last Modified: 30 Sep 2019 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item View Item
TOP