Evaluasi Ketersediaan Koleksi Ilmu Keperawatan Dengan Metode Conspectus Di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh

Harpina Mauli, 40503072 (2019) Evaluasi Ketersediaan Koleksi Ilmu Keperawatan Dengan Metode Conspectus Di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh. Skripsi thesis, Upt. Perpustakaan.

[img]
Preview
Text (Evaluasi Ketersediaan Koleksi Ilmu Keperawatan Dengan Metode Conspectus Di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Ketersediaan Koleksi Ilmu Keperawatan dengan Metode Conspectus di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedalaman koleksi Ilmu Keperawatan di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh dengan menggunakan metode conspectus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi perpustakaan, dan lembaran evaluator. Koleksi yang diteliti dari pengadaan tahun 2014 sampai 2018. Fokus dalam penelitian ini berjumlah 133 judul koleksi. Hasil analisis data dapat diketahui dengan distribusi persentase data, analisis kekuatan dan kelemahan, cakupan kronologis, dan analisis bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedalaman dari ketersediaan koleksi Ilmu Keperawatan dari tahun 2014 sampai 2018 yang ada di Perpustakaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh pada nomor kelas 610 sampai 618 berada pada tingkat nilai Level 1a sampai 2b. Sedangkan di nomor kelas 611 bahkan masih dominan di tingkat yang paling rendah yang di tempati dengan tingkat level 1a. Hal ini berarti koleksi-koleksi tersebut masih belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna sehingga masih perlu ditingkatkan lagi menjadi tingkat 2a sesuai dengan harapan evaluator. Analisis cakupan bahasa ilmu keperawatan menggambarkan bahwa koleksi untuk tiap nomor kelas didominasi oleh bahasa Indonesia (kode Y). Cakupan kronologis ilmu keperawatan dikatakan cukup relevan atau sesuai dengan kebutuhan informasi yang mutakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Harpina Mauli Mauli
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:55
Last Modified: 01 Oct 2019 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item
TOP