E-Contract pada PT. Go-Jek Indonesia dalam Perjanjian dengan Mitra Usahanya Menurut Syirkah ‘Inan (Analisis Klausula Eksenorasi dalam Kontrak Baku)

Desi Malinda, 150102142 (2019) E-Contract pada PT. Go-Jek Indonesia dalam Perjanjian dengan Mitra Usahanya Menurut Syirkah ‘Inan (Analisis Klausula Eksenorasi dalam Kontrak Baku). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of E-Contract pada PT. Go-Jek Indonesia dalam Perjanjian       dengan Mitra Usahanya Menurut Syirkah ‘Inan (Analisis Klausula Eksenorasi dalam Kontrak Baku)]
Preview
Text (E-Contract pada PT. Go-Jek Indonesia dalam Perjanjian dengan Mitra Usahanya Menurut Syirkah ‘Inan (Analisis Klausula Eksenorasi dalam Kontrak Baku))
Malinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kontrak baku dijadikan sebagai dasar hukum oleh para pelaku usaha, terutama pihak yang memiliki posisi dominan dalam melakukan transaksi untuk memperoleh keuntungan dengan mencantumkan klausula eksenorasi yang memberatkan pihak lainnya. Penggunaan klausula baku ini juga digunakan sebagai dasar hubungan hukum antara PT. Go-Jek Indonesia dengan mitra kerjanyayang dimuat dalam perjanjian kontrak elektronik atau e-contract. Kontrak elektronik (e-contract) yang dibuat oleh provider PT. Go-jek Indonesia memuat aturan kerjasama kemitraan secara baku dan diberlakukan sama untuk semua mitranya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban terhadap persoalan pokok bagaimana bentuk penerapan klausula eksenorasi dalam E-Contract pada Perjanjian Kemitraan yang ditetapkan oleh PT. Go-Jek Indonesia, bagaimana implikasi dari penetapan klausula eksenorasi dalam E-Contract terhadap mitra kerja (driver) ditinjau dari hukum positif dan hukum Islam, serta bagaimana tinjauan konsep Syirkah ‘Inan terhadap penerapan klausula eksenorasi dalam E-Contract antara provider PT.Go-Jek Indonesia dengan mitra kerja (driver). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan (field research) dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi melalui berkas-berkas atau arsip dokumen perjanjian antara mitra kerja (driver) dengan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa e-contract pada PT. Go-Jek Indonesia bersifat final dan tidak dapat direvisi oleh mitra kerja (driver). Pembuatan kontrak tidak mengikutsertakan mitra kerja (driver) dan tidak ada negosiasi didalamnya menyebabkan kontrak ini dinilai belum sesuai dengan asas berkontrak dalam hukum Islam dan hukum positif. Walaupun demikian, bagi hasil dalam perjanjian kerja sama PT. Go-Jek Indonesia ini sudah sesuai dengan konsep syirkah ‘inan yaitu keuntungan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang didasarkan pada modal dan usaha masing-masing pihak. Dalam hal ini, e-contract sah dilakukan karena tidak ada larangan yang secara tegas tidak memperbolehkan tersebut. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya e-contract yang memuat perjanjian baku tersebut belum menerapkan asas yang terdapat dalam syirkah ‘inan yaitu prinsip keseimbangan, keadilan dan kebebasan berkontrak.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Saifuddin Sa’dan, M.Ag Pembimbing II : Syarifah Rahmatillah, S. HI., M.H
Uncontrolled Keywords: Kontrak Elektronik, Klausula Eksenorasi, Syirkah ‘Inan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Desi Malinda Desi
Date Deposited: 01 Oct 2019 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10210

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item