Efektivitas Mekanisme Pembiayaan Usaha Kecil Untuk Masyarakat Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng Di Pidie Jaya

Cut Ayunarisha, 150603149 (2019) Efektivitas Mekanisme Pembiayaan Usaha Kecil Untuk Masyarakat Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng Di Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Mekanisme Pembiayaan Usaha Kecil Untuk Masyarakat Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng Di Pidie Jaya]
Preview
Text (Efektivitas Mekanisme Pembiayaan Usaha Kecil Untuk Masyarakat Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng Di Pidie Jaya)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pembiayaan pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng di Pidie Jaya, pembiayaan yang diberikanoleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Treinggdeng di Pidie Jaya sudah efektif. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan mekanisme penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh Unit Pengelola Kegiatan Simpan Pinjam Syariah ada beberapa tahapan, mekanisme penyaluran pembiayaan, akad pembiayaan, pengelolaan, waktu peluncuran dana, penunggakan, pengembalian pembiayaan. Sedangkan efektivitas pembiayaan pada Unit Pengelola Kegiatan Simpan Pinjam Syariah, ditinjau dari beberapa tahapan pada mekanisme, dari enam tahapan mekanisme tersebut dapat disimpulkan bahwa jika dinilai dari efektivitasnya kurang efektif. Saran peneliti, diharapkan kepada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Syariah Trienggadeng di Pidie Jaya sebagai suatu lembaga yang diberikan kepercayaan untuk mengelola dana bagi masyarakat agar menjalankan kewajiban dalam pengelolaan tersebut dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Inayatillah, MA. Ek Pembimbing II : Isnaliana, S.HI., MA
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Pembiayaan Murabahah, Efektivitas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Ayunarisha
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:05
Last Modified: 03 Oct 2019 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item
View Item