Etika Komunikasi Personal Dalam Perspektif Perawat Puskesmas Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Maisyarah Fitriah, 411307048 (2018) Etika Komunikasi Personal Dalam Perspektif Perawat Puskesmas Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Etika Komunikasi Personal Dalam Perspektif Perawat Puskesmas Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Etika Komunikasi Personal Dalam Perspektif Perawat Puskesmas Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)
skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan baik itu verbal maupun nonverbal. Etika komunikasi personal yaitu komunikasi berlanngsung dengan seseorang baik secara lisan maupun tertulis dengan mengunakan yakni norma, nilai atau tingkah laku yang baik. Komunikasi kesehatan merupakan penyampaian pesan mengenai kesehatan individu. Komunikasi kesehatan pada Puskemas merupakan hal sangat penting dan titik kritis dalam keselamatan pasien. Puskesmas Kecamatan Manggeng merupakan salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di daerah Kecamatan Manggeng itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk melihat etika komunikasi interpersonal kesehatan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat kurang mampu, di mana komunikasi kesehatan itu sangat penting dalam memberi tindakan kepada pasien. Karena jika terjadi kesalahan dalam komunikasi, akan menyebabkan fatal kepada pasien. Penelitian ini dilakukan Puskemas Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan obeservasi. Subjek dari penelitian ini sebanyak 21 orang, di mana 5 orang dokter, 5 orang perawat, 10 orang pasien atau masyarakat dan 1 orang ustad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi personal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat masih kurang maksimal dalam berinteraksi karena masih ada keluhan-keluhan dari pasien atau masyarakat yang merasa kurang puas dalam pelayanan kesehatan. Jenis komunikasi yang digunakan ada dua yaitu komunikasi verbal yang digunakan seperti komunikasi lisan yang mudah dipahami oleh pasien dan keluarga pasien, sedangkan komunikasi nonverbal seperti senyum, dengan menggunakan intonasi suara yang lembut, dan ekspresi wajah yang senang saat mendatangi pasien sehingga membuat pasien merasa nyaman terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs. Yusri. M. Lis 2. Fairus. S, Ag. M.A
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi Kesehatan, Penanganan Pasien.dan Masyarakat
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maisyarah Fitriah Fitriah
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:04
Last Modified: 03 Oct 2019 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item
View Item