Penggunaan Macromedia Flash pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Darussalam Banda Aceh

Munira Maghfirah, 291223323 (2016) Penggunaan Macromedia Flash pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Darussalam Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang penggunaan Macromedia pada materi larutan penyangga)
Munira Magfirah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran kimia yang disampaikan oleh guru. Salah satu yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa tidak dapat berfikir lebih konkrit dan menyebabkan hasil prestasi belajar siswa tidak sepenuhnya baik, maka dilakukan penelitian tentang penggunaan macromedia flas pada materi larutan penyangga di kelas XI
MAN Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan macromedia flas pada materi larutan penyangga di kelas XI MAN Darussalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan macromedia flash pada materi larutan penyangga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MAN Darussalam?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN Darussalam, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena dalam penelitian ini menggunakan data-data numerik yang dapat diolah dengan
menggunakan metode statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dengan bentuk instrumen penelitian soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen ̅ =79,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol ̅ = 67,5. Data dari hasil tes yang telah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis menggunakan uji-t (t-tes) pada = 0,95 dengan derajat kebebasan (dk)60, diperoleh thitung = 3,67 dan untuk ttabel diperoleh 1,67. Dengan kriteria pengujian yaitu t hitung ≥ t table, maka H0 ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan macromedia flash dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada materi larutan penyangga di MAN Darussalam Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Maskur, MA; NIP. 1976020220025010011 2. T. Badlisyah, M.Pd; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, larutan Penyangga, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:13
Last Modified: 04 Oct 2017 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item
TOP