Hijrah Baru Di Kalangan Anak Muda Antara Keshalehan Dan Gaya Hidup

Kurnia Setiawati, 140305096 (2019) Hijrah Baru Di Kalangan Anak Muda Antara Keshalehan Dan Gaya Hidup. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Hijrah Baru Di Kalangan Anak Muda Antara Keshalehan Dan Gaya Hidup)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna fenomena-fenomena hijrah di kalangan anak muda di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dimana kampus ini juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang berada di Aceh, yang nuansa keislamannya mengantarkan mahasiswa untuk berbuat sesuai dengan norma keislaman terutama dalam segi berpakaian. Adanya dukungan dari lingkungan kampusnya, peraturan pendidikan keislamannya melalui kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa. Memberi pemahaman mahasiswa yang hijrah namun sebagai anak muda hijrah terutama tidak dilepaskan dari gaya hidup. Penggunaan kata hijrah secara bahasa diartikan sebagai perpindahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengamatan serta wawancara dan observasi langsung dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saat ini kata hijrah atau trend hijrah digunakan sebagai simbolik atau sebutan untuk menamai sebuah gerakan yang mengajak kaum muslim, khususnya anak muda, untuk "berpindah" menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara meningkatkan ketaatan dalam menjalankan syariat agama. Dengan melakukan perpindahan ke arah yang lebih baik menjadi individu yang sesuai dengan ajaran Islam. Fenomena hijrah dikalangan anak muda merupakan sebuah fenomena yang telah menjadi populer di kalangan anak muda yang memiliki pengaruh eksternal dan interal termasuk pengaruh tuntutan zaman akibat pengaruh teknologi yang semakin berkembang sehingga dengan mudah mengakses berbagai informasi termasuk bidang keagaaman. Hal ini dimanfaatkan oleh aktifis dakwah untuk mempopulerkan kata hijrah sehingga fenomena ini semakin berkembang pada kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husna Amin, M. Hum Pembimbing II : Zuherni, AB, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini membahas tentang makna fenomena-fenomena hijrah di kalangan anak muda di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dimana kampus ini juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang berada di Aceh, yang nuansa keislamannya mengantarkan mahasiswa untuk berbuat sesuai dengan norma keislaman terutama dalam segi berpakaian. Adanya dukungan dari lingkungan kampusnya, peraturan pendidikan keislamannya melalui kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa. Memberi pemahaman mahasiswa yang hijrah namun sebagai anak muda hijrah terutama tidak dilepaskan dari gaya hidup. Penggunaan kata hijrah secara bahasa diartikan sebagai perpindahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengamatan serta wawancara dan observasi langsung dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saat ini kata hijrah atau trend hijrah digunakan sebagai simbolik atau sebutan untuk menamai sebuah gerakan yang mengajak kaum muslim, khususnya anak muda, untuk "berpindah" menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara meningkatkan ketaatan dalam menjalankan syariat agama. Dengan melakukan perpindahan ke arah yang lebih baik menjadi individu yang sesuai dengan ajaran Islam. Fenomena hijrah dikalangan anak muda merupakan sebuah fenomena yang telah menjadi populer di kalangan anak muda yang memiliki pengaruh eksternal dan interal termasuk pengaruh tuntutan zaman akibat pengaruh teknologi yang semakin berkembang sehingga dengan mudah mengakses berbagai informasi termasuk bidang keagaaman. Hal ini dimanfaatkan oleh aktifis dakwah untuk mempopulerkan kata hijrah sehingga fenomena ini semakin berkembang pada kalangan anak muda.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.2 Kelompok umur > 305.23 Kawula muda
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Kurnia Setiawati Kurnia
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:39
Last Modified: 03 Oct 2019 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item
TOP