Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Materi Ajar PAI di SMPN 3 Sigli

Iqbal, 140201091 (2019) Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Materi Ajar PAI di SMPN 3 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Materi Ajar PAI Di SMPN 3 Sigli)
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan figur yang memiliki peran yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan membutuhkan guru yang professional, terutama dalam pengembangan materi ajar agar tercapai kompetensi yang diharapkan pada siswa. Kenyatannya, minim pemahaman guru terhadap pengembangan materi ajar, berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi ajar. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui kemampuan guru dalam pengembangan materi ajar, 2). Mengetahui prinsip-prinsip, pola dan langkah-langkah pengembangan materi ajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pengembangan materi ajar PAI sudah baik, hanya saja masih didapati kekurangan dalam memahami hal-hal teoritis dalam pengembangan materi ajar, ini dikarenakan kurangnya pembekalan dan pembinaan. Terkait dengan prinsip-prinsip pengembangan materi ajar menunjukan bahwa guru PAI masih kurang dalam memahami dan menerapkannya pada pengembangan materi ajar, ini dikarenakan kurangnya pemahaman pada diri guru tersebut. Demikian halnya terkait dengan pola pengembangan materi ajar, menunjukkan bahwa guru sudah memahami pola pengembangan materi ajar, ini dikarenakan adanya kesadaran dari guru untuk berusaha menggunakan pola yang sesuai dengan jenis materi yang diajarkan. Dan terkait dengan langkah-langkah pengembangan materi ajar menunjukkan bahwa guru tersebut masih dalam kategori cukup dalam memahami langkah-langkah pengembangan materi ajar, ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap prosedur pengembangan materi ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah Husein, M. Ag Pembimbing II : Zulfatmi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, materi ajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:11
Last Modified: 07 Jan 2020 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10252

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP