Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh

Cut Ayuwirdayana, 140205134 (2019) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 4 Banda Aceh)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam-macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi aritmatika sosial yang dilakukan berdasarkan Prosedur Newman yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Newman, (2) Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Newman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. penelitian ini melibatkan siswa kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa. Subjek untuk wawancara diambil 5 dari 30 siswa kelas VII-1, dengan kriteria siswa yang melakukan banyak kesalahan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal aritmatika sosial. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII-1 MTsN 4 Banda Aceh. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi aritmatika sosial yaitu: kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa tidak memiliki kesempatan karena waktu yang hampir habis, serta siswa mengabaikannya karena merasa tidak perlu. kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dia kerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ir. Johan Yunus, S.E.,M.Si 2. Vina Apriliani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Prosedur Newman
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Ayuwirdayana Cut
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:05
Last Modified: 06 Feb 2020 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item
View Item