Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Fitriani, 140205119 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran  Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi  Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Representasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kenyataannya, kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran CIRC, 2) untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Simeulue Timur dengan kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan representasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh, 1) t_hitung = 9,63 dan t_tabel = 1,76, maka t_hitung> t_(tabel,) berarti bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. 2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh t_hitung=3,17 dan t_tabel=1,70, maka t_hitung>t_tabel, berarti bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran CIRC lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H Adnan Ismail, M. Pd. Pembimbing II : Dr. Zainal Abidin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Representasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitriani Fitriani
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:26
Last Modified: 12 Feb 2020 07:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item
View Item