Implementasi dan User Acceptance Test (UAT) Terhadap Aplikasi e-Learning pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Banda Aceh

Rudi Supriatna, , (2019) Implementasi dan User Acceptance Test (UAT) Terhadap Aplikasi e-Learning pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tingkat Penerimaan Aplikasi E-Learning)
Rudi Supriatna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Belum optimalnya pembelajaran konvensional mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning dalam menunjung proses pembelajaran. Berbagai keuntungan e-learning mendorong penggunaan e-learning dewasa ini telah menjadi kebutuhan bukan lagi keharusan atau keterpaksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keberhasilan penerapan e-learning berdasarkan tingkat penerimaan pengguna di MAN 3 Kota Banda Aceh. Jumlah total respoden adalah 35 orang siswa dan 5 orang guru yang dipilih dengan teknik purposive sampling. User acceptance test dilakukan untuk memprediksi tingkat pemanfaatan terhadap teknologi e-learning di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan sistem e-learning ini di pengaruhi oleh dua aspek penilaian yaitu tingkat kemudahan dengan pesentase sebesar 79,42% dan tingkat efisien dengan persentase sebesar 73,53%. Sedangkan tanggapan dari informan menujukkan bahwa tingkat penerimaan juga dipengaruhi oleh tingkat kemudahan dengan nilai sebesar 93,35% dan efisien dengan nilai sebesar 88,30. Hal ini mengimplikasikan bahwa sistem yang implementasikan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Fadhla Binti Junus, M.Sc
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Ucer Acceptance Test (UAT), Mix Method, Penerapan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Febry Ardia Regita Fadli Febry
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:19
Last Modified: 18 Dec 2019 07:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item
TOP