Studi Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik SMK Negeri 5 Telkom dan LP Anak Banda Aceh Terhadap Pembuatan Game Menggunakan Scratch

Yuni Shara, 140212062 (2019) Studi Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik SMK Negeri 5 Telkom dan LP Anak Banda Aceh Terhadap Pembuatan Game Menggunakan Scratch. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Studi Perbandingan Minat Belajar Peserta Didik)
YUNI SHARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Minat belajar adalah suatu rasa suka, perhatian, atau ketertarikan seorang siswa terhadap mata pelajaran dan dapat ditunjukkan dengan keikutsertaan dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang diikutinya. Adanya perbedaan cara belajar dan materi yang diajarkan dapat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, seperti yang terjadi terhadap kedua peserta didik di SMK Negeri 5 dan di LP Anak yang memiliki lingkungan dan metode belajar yang berbeda kemudian akan menimbulkan adanya perbedaan minat belajar di antara kedua kelompok peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana minat belajar antara peserta didik di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh dan di LP Anak Banda Aceh terhadap pembuatan game menggunakan aplikasi scratch. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan memberikan angket dan hasil dokumentasi. Metode yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah menggunakan uji indenpendent sample T-test. Hasil analisis tes akhir dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan terhadap minat belajar peserta didik SMK Negeri 5 Telkom dan LP Anak Banda Aceh terhadap pembuatan game menggunakan Scratch telah diperoleh bahwa t hitung > dari t tabel yaitu 1,972 > 1,674, serta dari kolom signifikan diperoleh 0,001 sehingga 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 atau 0,001<0,05. dan minat belajar dari peserta didik di SMK Negeri 5 Telkom lebih tinggi dibandingkan peserta didik di LP Anak Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Husnizar, S.Ag, M.Ag 2. Basrul, M.S
Uncontrolled Keywords: minat belajar, pemograman game scratch.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Yuni Shara
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:57
Last Modified: 22 Jan 2020 06:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item
TOP