Manajemen Kesiswaan dalam Penjurusan di SMKN 1 Banda Aceh

Muhammad Daniel, 271324683 (2017) Manajemen Kesiswaan dalam Penjurusan di SMKN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Manajemen Kesiswaan]
Preview
Text (Membahas tentang Manajemen Kesiswaan)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap seluruh peserta didik (dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan) agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien mulai dari penerimaan peserta didik hingga keluarnya peserta didik dari suatu sekolah. Penjurusan siswa adalah proses penempatan dalam pemilihan program studi siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMKN 1 Banda Aceh, proses penjurusan siswa di SMKN 1 Banda Aceh dan kendala yang dihadapi dalam manajemen kesiswaan dalam penjurusan di SMKN 1 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan dan salah satu ketua jurusan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, sekolah sudah menerapkan seluruh proses manajemen kesiswaan dengan baik, yaitu dimulai dari perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik baru, pengelompokan/penjurusan peserta didik, kehadiran peserta didik, pembinaan disiplin peserta didik, perpindahan peserta didik, serta kelulusan dan alumni. Kedua, proses penjurusan dilaksanakan dalam empat alur yaitu: (1) seleksi administrasi, (2) tes tulis Matematika dan bahasa Inggris dan membaca Al-Quran, (3) wawancara bahasa Inggris, (4) wawancara minat bakat dan jurusan. Ketiga, kendala dalam manajemen kesiswaan berkenaan dengan penjurusan yaitu: input pendidikan yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi sekolah baik dari segi inteligency maupun sikap (attitude), dan masih adanya siswa yang tidak memahami jurusan yang dipilihnya secara rinci. Adapun langkah penyelesaiannya yaitu dengan meningkatkan kualitas proses penerimaan peserta didik baru, memberi arahan dalam penjurusan siswa, dan melaksanakan promosi jurusan ke sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mumtazul Fikri, MA. NIP.198205302009011007 2. Dra. Cut Nya' Dhin, M.Pd. NIP.196705232014112001
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Penjurusan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 271324683 muhammad daniel
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:39
Last Modified: 18 Mar 2018 16:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item
View Item