Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP N 1 Kluet Timur

Afdalul Hikmah, 281324875 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP N 1 Kluet Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMP N 1 Kluet Timur)
Afdalul Hikmah 2812324875 FTK PBL 082259904088.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP N 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan sudah berjalan dengan baik, namun model pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Two Stay-Two Stray terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode true-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel kelas VIII1 dan kelas VIII2 dengan jumlah masing- masing kelas VIII2 24 siswa dan kelas VIII1 23 siswa. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I yaitu 73,04% (Aktif) dan pertemuan ke II yaitu 89,27% (Sangat Aktif) sedangkan nilai persentase aktivitas belajar di kelas kontrol pada pertemuan I yaitu 69,72% Aktif dan pertemuan ke II yaitu 79,62% Aktif. Data hasil belajar post-test kelas eksperimen yaitu 82,29 sedangkan data hasil post-test kelas kontrol yaitu 69 terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 6,45 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay-Two Stray, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Afdalul Hikmah
Date Deposited: 15 Feb 2020 11:01
Last Modified: 15 Feb 2020 11:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item
TOP