Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dan Media Big Book pada Siswa Kelas II MIS Sambay Simeulue

Willasari, 150209095 (2019) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dan Media Big Book pada Siswa Kelas II MIS Sambay Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan  Membaca Permulaan Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) Dan Media Big Book Pada Siswa Kelas II MIS Sambay Simeulue]
Preview
Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) Dan Media Big Book Pada Siswa Kelas II MIS Sambay Simeulue)
Willasari, 150209095, FTK, PGMI, 082274784473.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya keterampilan membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Sambay melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) menggunakan media Big Book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan keterampilan membaca siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) menggunakan media Big Book. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan nilai rata-rata pratindakan ke siklus I naik sebesar 15,73 dari 52,45 menjadi 68,18. Dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata naik sebesar 7,27 dari 68,18 menjadi 75,45. Pada siklus III nilai rata-rata naik sebesar 8,64 dari 75,45 menjadi 82,27. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yuni Setia Ningsih, M.Ag. Pembimbing II : Salma Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Permulaan, Metode SAS, Media Big Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Willasari Willa
Date Deposited: 15 Feb 2020 11:03
Last Modified: 15 Feb 2020 11:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item
View Item