Peran Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy Dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah di Kota Banda Aceh

Arfan, 150403080 (2019) Peran Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy Dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy Dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah Di Kota Banda Aceh)
Arfan, 150403080, FDK, MD, 085288929020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh”. Peran dapat diartikan sebagai konsep pelaksanaan tanggung jawab. Dan Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy merupakan lembaga yang dibentuk oleh Ustadz Irhamullah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membentuk generasi Al-Qur’an dan berkarakter Rabbani. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui keterlibatan Lembaga Tahfidz-Tahsin-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui upaya apa saja Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh, (3) Untuk mengetahui faktor peluang dan tantangan Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, wawancara atau interview dan observasi dengan data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy sangat berperan dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh dengan adanya peningkatan kualitas dakwah Kota Banda Aceh menjadi Kota yang berkarakter Rabbani. Upaya Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh adalah dengan upaya pembinaan kepada guru-guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPA), pembinaan bagi remaja, pemuda Banda Aceh dan Aceh Besar. Faktor peluang Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy dalam meningkatkan kualitas dakwah di Kota Banda Aceh yaitu antusias kehadiran masyarakat, belajar sambil bermain (metode bagi anak-anak) dan dukungan dari Bappeda. Sedangkan faktor tantangan Lembaga Tahsin-Tahfidz-Tafsir Al-Qur’an (LT3Q) El-Mas’udy yaitu tidak ada yang berbentuk kedisiplinan atau manajemen waktu sebagian guru dan santri, tidak istiqamah muraja’ah hafalan Al-Qur’an dan tingkat pemahaman yang susah di tangkap oleh santri dan guru-guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPA), susah mengajak remaja, pemuda Banda Aceh dan Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: peran, peningkatan kualitas dakwah, LT3Q.
Uncontrolled Keywords: pembimbing I : Sakdiah S.Ag., M.Ag pembimbing II : Muzakkir Zabir, S.Sos.I., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Arfan Arfan
Date Deposited: 15 Feb 2020 11:07
Last Modified: 15 Feb 2020 11:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item View Item
TOP