Nurchalis, 2015047203 Strategi Pembelajaran A-Qur'an di Ma'had Al Jami'ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17 (1): 6. pp. 70-80. ISSN 1693-6418
58 - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (26kB)
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pelaksanaan strategi pembelajaran al-Qur’an pada Ma’had al-Jamiah UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan berusaha menemukan pendekatan yang digunakan, langkah-langkah dan sistem evaluasi, serta kriteria keberhasilan dalam pembelajaran al-Qur’an. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada Ma’had Al-Jami’ah Ar-Raniry. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al-Quran di Ma’had Al-Jamiah UIN Ar-Raniry adalah pendekatan andragogi. Langkah pembelajaran dilakukan melalui dua tahapan yaitu tahap prainstruksional dengan menarik minat mahasiswa dan tahap instruksional dengan menyampaikan materi baru. Sistem evaluasi terdiri dari empat 4 tahap: munaqasah awal, munaqasah harian, munaqasah persemester, dan munaqasah menjelang wisuda. Kriteria keberhasilan mahasiswa yang dicapai dalam pembelajaran al-Qur’an adalah mampu membaca al-Qur’an dengan lancar, benar makhraj huruf dan bacaannya, serta beretika dalam membaca.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Dr. Nurchalis Sofyan |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 07:56 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 01:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10415 |