Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTsN 1 Aceh Besar

Roni Sumarsaid, Roni (2019) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTsN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Roni Sumarsaid, 261324663, FTK, PMA, 082230432613.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Standar Kompetensi dalam Kurikulum 2013 juga menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sejenis. Dengan adanya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa, maka siswa dapat menemukan hal-hal yang baru yang dapat berguna dalam kehidupan mereka kelak. Namun, dalam belajar matematika siswa seringkali menemukan soal yang tidak dengan segera dapat dicari solusinya, sementara siswa diharapkan dapat menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan dengan pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional di kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu (quasi eksperimen), desain nonequivalent control grup design dan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-5. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji kesamaan rata-rata antara kedua kelas melalui program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa dengan pembelajaran pendekatan SAVI lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa dengan pembelajaran pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing 2. Muhammad Yani, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri > 516.2 Geometri Euklides
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Roni Sumarsaid Roni
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:43
Last Modified: 10 Dec 2019 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item
TOP