New Insights into Teaching of English Language to Indonesian Students

Muhammad Thalal, 2016107801 (2009) New Insights into Teaching of English Language to Indonesian Students. Progresif: Journal of Multiperspective Education, 1 (1): 10. pp. 1-160. ISSN 2085-6865

[thumbnail of Journal Article]
Preview
Text (Journal Article)
Thalal New Insight002.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia, bahasa Inggris telah mendapatkan status sebagai bahasa internasional yang wajib dipelajari di hampir semua negara di dunia. Di Indonesia, walaupun status Bahasa Inggris masih sebagai bahasa asing, pengajaran bahasa Inggris telah dimulai sejak puluhan tahun yang lalu. Berbagai metodologi pengajaran bahasa Inggris telah diterapkan di Indonesia untuk mencapai kompetensi berbahasa Inggris. Akan tetapi hasil yang didapatkan hampir selalu jauh dari harapan. Pengajaran bahasa Inggris selama bertahun-tahun jarang menghasilkan lulusan yang kompeten dalam berbahasa Inggris. Berangkat dari masalah tersebut, tulisan ini ingin mengungkapkan faktor-faktor penyebab rendahnya penguasaan bahasa Inggris di Indonesia secara eksploratif. Dengan menganalisa studi-studi terdahulu beserta fakta yang ada di lapangan, ditemukan bahwa karakteristik pelajar cenderung pasif karena faktor kultur Indonesia, kualitas guru yang di bawah standar, lingkungan dan kurikulum menjadi kendala utama dalam pencapaian kompetensi berbahasa Inggris. Selanjutnya dielaborasi suatu konsep atau strategi pengajaran bahasa Inggris ideal yang sesuai dengan konteks dan kultur Indonesia dengan penekanan pada pengajaran bahasa Inggris yang berbasis budaya lokal dan memaksimalkan metode komunikatif dengan target dan tujuan pencapaian kompetensi berbahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi global. Konsep tersebut bisa terlaksana dengan adanya guru yang berkualitas yang benar-benar memahami tujuan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: English teaching, Indonesian students' characteristics, teacher's quality, communicative skill
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Muhammad Thalal
Date Deposited: 10 Dec 2019 06:52
Last Modified: 10 Dec 2019 06:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item
View Item