Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Blangkejeren.

Siskapurnama Sari. P, 150208017 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Blangkejeren.]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Blangkejeren.)
Siskapurnama Sari. P, 150208017, FTK,PKM, 085296998945.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

RTE adalah model pemebelajaran tipe koperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil agar dapat bekerja sama dengan kemampuan maksimal yang dimiliki. Rendahnya nilai pembelajaran kimia di SMAN 1 Blangkejeren disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah dan jarang praktikum karena keterbatasan alat dan bahan. Model ini diperkirakan dapat membantu siswa dalam pembelajaran yang dipraktikkan di sekolah SMAN 1 Blangkejren. Selama Masih mengalami kendala pada keterbatasan alat dan bahan untuk pratikum. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajan yang dapat menjembatani masalah tersebut. Hal ini dilakukan peneliti tentang pengaruh model pembelajaran RTE pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh model RTE pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap hasil belajar serta mengetahui respon siswa terhadap model RTE. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan jenis Pre-ekspriment menggunakan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA2 SMAN 1 Blangkejeren berjumlah 30 siswa. Perolehan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji t Paired. Hasil analisis uji t Paired diproleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak han Ha diterima, dan hasil analisis uji N-Gain diproleh persentase tinnggi 67% dan sedang 33%. Hasil persentase respon siswa 90,7% dengan kategori setuju, menunjukkan siswa tertarik belajar menggunakan model RTE pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, S.Ag.MA Pembimbing II : Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), Hasil Belajar, Larutan Elekrolit dan Non Elektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Siskapurnama Sari. P
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:39
Last Modified: 12 Dec 2019 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item
View Item