Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip Sekolah di SMAN 1 Samalanga Biereun.

Cut Dian Rahma, 271324682 (2019) Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip Sekolah di SMAN 1 Samalanga Biereun. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip Sekolah di SMAN 1 Samalanga Biereun.)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tata usaha sekolah atau nama lainnya administrasi merupakan intesif dalam melayani, membantu, dan memenuhi atau menyediakan hal-hal yang berhubungan dengan informasi pendidikan di sekolah. Kegunaan administrasi tata usaha dalam suatu lembaga pendidikan adalah membantu pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan induk untuk mencapai tujuan sekolah serta menyediakan keterangan-keterangan bagi pimpinan sekolah, guru-guru, atau personal lainnya, terutama untuk keperluan pembuatan keputusan dan pengendalian yang menjadi tugas pokoknya. Fenomena yang terjadi di SMAN 1 Samalanga pada bagian tata usaha dalam pengelolaan arsip sekolah yaitu masih adanya kekurangan dalam sarana dan prasarana untuk penyimpanan arsip di karenakan jumlah arsip yang semakin bertambah secara terus menerus. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran bagian tata usaha dalam pengelolaan arsip sekolah di SMAN 1 Samalanga, untuk mengetahui kendala berserta solusi yang di hadapi dalam pengelolaan arsip sekolah di SMAN 1 Samalanga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode-metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian disini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha dan staff tata usaha di SMAN 1 Samalanga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peran tata usaha sekolah antara lain, pertama, kepala tata usaha sebagai penanggung jawab operasional tata usaha yang bertugas mengkoordinasikan seluruh aktivitas administrasi, melayani, membantu, dan memenuhi atau menyediakan hal-hal yang berhubungan dengan informasi pendidikan di sekolah. Kedua, tata usaha juga sebagai tenaga kependidikan sekolah. Kepala tata usaha sangat berkompeten dalam bidangnya dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. kendala bagian tata usaha dalam pengelolaan arsip sekolah di SMAN 1 Samalanga yaitu, pertama kekurangan alat untuk penyimpanan arsip di karenakan jumlah arsip yang semakin bertambah secara terus menerus. Kedua, sekolah juga masih banyak menggunakan tenaga kependidikan yang tidak menetap. Solusi yang diperlukan dari kendala dalam pengelolaan arsip sekolah adalah dengan cara diadakannya perawatan dan pencegahan kerusakan pada alat penyimpanan arsip, fasilitas yang dibutuhkan harusnya sudah memenuhi syarat, seperti ruangan yang luas, alat penyimpanan arsip yang lengkap dan cukup untuk penyimpanan arsip yang sewaktu-waktu bertambah volumenya, serta staff yang mengelola arsip sudah memenuhi syarat sehingga bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Faisal,M.Ag Pembimbing II : Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Tata usaha, pengelolaan Arsip
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Dian Rahma
Date Deposited: 23 Dec 2019 05:39
Last Modified: 23 Dec 2019 05:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item
TOP