Pemetaan Ayat-Ayat Hidayah Dalam Al-Quran

Muhibbul Khairi, 140303019 (2019) Pemetaan Ayat-Ayat Hidayah Dalam Al-Quran. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pemetaan Ayat-Ayat Hidayah Dalam Al-Quran)
Muhibbul Khairi, 140303019, FUF, IAT, 082315563225.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman kebanyakan umat Islam bahwa istilah hidayah selalu dihubungkan dengan datangnya dari Allah Swt semata, padahal jika ditinjau dari segi bahasa pengertian hidayah diartikan sebagai petunjuk, bimbingan, arahan, keterangan dan kebenaran. Dari istilah bahasa hidayah bisa datang dengan banyak cara akan tetapi harus diimbangi oleh usaha manusia itu sendiri.
Menjawab permasalahan tersebut, skripsi ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan analisis deskriptif dan pendekatan metode tafsir maudhu’i (tematik) sehingga diharapkan dengan metode penelitian tersebut dapat diperoleh hasil yang representatif sesuai dengan tema pembahasan yang sedang diteliti.
Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa dalam Alquran memiliki 305 lafaẓ hidayah yang tersebar mulai dari bentuk fi’il madhī, fi’il mudhāri’, fi’il amār, isim fā’il dan isim masdar. Penulis mengidentifikasi terhadap berbagai bentuk lafaẓ hidayah dan menemukan karakteristik masing-masing dari beberapa bentuk diantaranya bentuk lafaẓ (يَهْدِي, هَادٍى هَدَى,), (اِهْتَدَى, يَهْتَدِى المهْتَدِى), (يَهْدِى), (الهُدَى), (هَادٍ), (اهْدِنَا, يَهْدِنِيْ), (يَهْدِيَهُمْ , يَهْدِيْهِمْ ), (الْمُهْتَدِينَ). Hidayah Allah bisa datang dari mana saja seperti keinginan untuk bertahan hidup (al-ilhām al-fithrī), berfungsinya panca indera (al-Hawās), kemampuan berfikir yang diberikan kepada manusia (al’aql), syariat yang harus dijalankan (al-dīn) kemudian Allah tambahkan nikmat tertinggi yaitu hidayah taufik kepada manusia (al-maūnah wa al-taūfiq).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fauzi, Lc. M.A. Pembimbing II : Zainuddin, S.Ag. M.A.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhibbul Khairi
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:06
Last Modified: 17 Dec 2019 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item
TOP